Jumat, 22 November 2013

jadilah terang



tergugah berkat quote Indonesia mengajar 
"Negeri ini sungguh membutuhkan pribadi berdedikasi yang siap membuatnya lebih baik. Mari melakukan aksi nyata. Mari berhenti mengecam kegelapan. Mari nyalakan lilin, meskipun kecil, untuk menerangi Indonesia" -Indonesia Mengajar-
okay„mungkin saat ini aku belum bisa mengikuti jejak pengajar muda yang sudah dan sedang bertugas di daerah2 di Indonesia. suatu hari semoga aku bisa seperti mereka„amin.
nah„bagi yang belum mendapat kesempatan mengikuti indonesia mengajar„tenang„jangan bersedih„kita masih dan harus bisa menyalakan lilin bagi orang-orang disekitar kita loh„don’t give up.
contoh simple yang paling mudah dilakukan adalah melalui orang-orang terdekat kita, misalnya adik kita, sepupu, keponakan kita, tetangga kita, kita bisa menemani mereka belajar dan bermain setiap waktu, bantu mereka ketika mereka merasa kesulitan dalam belajar.
selain itu kita juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas yang memang concern dengan pendidikan. untuk teman-teman didaerah purwokerto bisa bergabung dengan komunitas padang ilalang (PADI),dll.
kalo aku pribadi memilki rencana ingin bisa berbagi ilmu ke-PAUDan dengan guru-guru/ orang-orang didesa yang memang concern dengan PAUD tapi belum memiliki akses belajarnya dan bersama-sama mendirikan taman belajar bagi anak-anak usia dini disana. nanti kita sama-sama belajar mengenai psikologi perkembangan anak-anak dari sejak dikandungan hingga dewasa, belajar bagaimana mengajari anak-anak belajar seraya bermain, belajar membuat kegiatan untuk anak-anak, belajar crafting, belajar menganai kesehatan anak, dll.
(semoga terwujud Yaa Mujiib„amin)
aksi nyata ku saat ini sangat simple seperti yang aku contohkan diatas„aku  membantu anak-anak disekitar rumah ngerjain PR, bikin pekerjaan tangan tugas sekolah dan meminjami buku bacaan yang aku punya meski tak banyak tapi minimal berharap bisa menubuhkan kecintaan membaca pada diri mereka :D
aku selalu teringat dengan sabda Rasulullah SAW :
"Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain, berakhlak mulia, mempelajari Al Quran dan mengajarkannya, serta orang yang umurnya panjang dan banyak amal kebajikannya."

dan selalu suka dengan lagu abang Glen Fredly “terang”
"Jadilah terang ditempat yang gelap"
"jadilah harapan jangan hanya berharap"
SEMANGAT KAWAN!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar