Jumat, 22 November 2013

“Hijrah”



Hari ini Selasa, 5 November 2013 M adalah Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriyah.
Banyak sekolah yang meliburkan siswa-siswanya karena memang hari ini Tanggal merah, kalau tak percaya coba deh di cek kalendernya hehe.
Khusus untuk Sekolahku hari ini tidak diliburkan karena hari ini kami membuat special day “ Islamic New Year”
Pagi ini kami menyambut kedatangan sobat TK dan sobat SD dengan gema shalawat badar dari remaja masjid Al-Falah Sekolah Alam Baturraden.
Remaja Masjid? Wahaha..kami memang tidak semua remaja, sudah ada beberapa yang ibu dan bapak, tapi semangat kami sejajar kok sama anak-anak remaja. Duhh, tapi sayang tak sempat diabadikan euy. Tukang jepretnya ngikut shalawatan juga soalnya heheii.
Semua antusias bangettt…huwa kalau sambutan (Welcoming) dipagi harinya seru dan menyenangkan, biasanya efek dahsyatnya adalah hingga nanti siang anak-anak akan lebih terkontrol karena mereka Have Fun.
Nah, karena materi tentang tahun baru islam untuk anak TK dan SD cukup jauh cakupannya, maka kami para fasilitator memutuskan untuk memisahkan kegiatan antara level TK dan level SD. Kalau di SD bisa membahas bagaimana sih cara pengcalenderan tahun hijriyah, resolusi bulan, dll yang sekiranya bisa dipahami oleh anak-anak usia SD. Sedangkan untuk anak-anak TK, kami memiliki target pembelajaran yang lebih ringan. Kami ingin anak-anak tahu bahwa Tahun Baru untuk yang mengaku anak sholeh, anak islam ya sekarang ini yaitu 1 Muharam dan dalam memperingati Tahun Baru itu tidak dengan cara pergi ke alun-alun atau pusat kota, lalu berkumpul meniup terompet dan melihat kembang api. Kami mengajarkan bahwa, ketika Tahun Baru yuk sebaiknya kita berdo’a, semoga semakin menjadi anak-anak yang lebih hebat, lebih shaleh/shaleha di tahun ini.
materi tersebut kami kemas dalam bentuk cerita. Saat itu kebetulan aku yang berkesempatan untuk bercerita dihadapan anak-anak. Aku memilih cerita tentang Hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah karena Tahun Hijriyah itu bertepatan dengan Hijrahnya Nabi mulia Muhammad SAW. Saat itu setting tempat kami di Teater Alam sekolah kami, duduk beralas tikar dan dibawah rindangnya pohon damar..huwaa Subhanallah :).
Dari cerita yang aku sampaikan aku memberikan refleksi pada akhir cerita bahwa berhijrah itu berubah ke arah yang lebih baik. Sobat kecil jika ingin mengikuti jejak Nabi Muhammad maka juga harus melakukan hijrah. Hijrah dari anak yang kurang bisa antre, kurang sabar menjadi anak yang lebih sabar lagi. Hijrah dari anak yang suka bertutur kasar menjadi anak yang bertutur lembut. hijrah dari anak yang kurang baik menjadi anak yang lebih baik lagi.
Selesai bercerita, beberapa dari mereka ada yang mengutarakan keinginannya berhijrah dan membuat janji bersama fasilitator masing-masing.
“Aku mau berhijrah bunda, biar disayang Allah sama Nabi Muhammad” kata Angkasa
Subhanallah, alhamdulillah, semoga apa yang kami sampaikan meresap di hati mereka semua.
Saat makan siang, kudengar banyak diantara anak-anak yang terus membicarakan “Hijrah” hihiii lucuu banget deh mereka. Bahkan ada seorang anak yang tidak mau makan awalnya akhirnya mau makan gara-gara diimingi kata “Hijrah”.
“Sayang, kok belum makan?”tanyaku
“enggak ahh bun, kenyang”
“wihii..kenyang? masa sih” ledekku
“beneran bunda”
“okey deh, kalau bunda sih mau berhijrah ya, pengen punya badan yang sehat, jadi Bunda mau makan”
“ :) *nyengir doang”
“hmm„gimana angkasa? Mau ikut makan sama bunda kah?”
“yaudahlah makan :)”
“huehehe..alhamdulillah„gitu dong!” tersenyum bangga
Kebahagiaan terindah adalah ketika bisa melihat perbaikan akhlaq dari sobat kecil dari hari ke hari. Tak bisa tergantikan dengan materi dunia. Aku terhanyut ketika membaca surat As-Syams hari itu bersama dengan mereka.
Yaa Allah, izinkan kami semua bisa berkumpul di Jannah-Mu kelak, bertemu dengan-Mu, bertemu dengan Rasulullah dan bisa memeluknya, Aamiin Yaa Rahman.
Tak hanya kisah Hijrah Nabi saja, setelahnya kami juga menyanyikan lagu tentang nama-nama bulan di Tahun Hijriyah. Ternyata dengan nyanyian, anak-anak lebih cepat loh menghafal nama-nama bulan Hijriyah :) Alhamdulillah.
Sobat kecil aja pada semangat Hijrah! Yeay ;)!
Yang sudah besar mana suaranya?
Ayo dong, jangan galau terus, Hijrah dong, Move On Man ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar